February 2020
M T W T F S S
« Jan    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
242526272829  

Iklan Layanan Masyarakat

KPU Balangan Launching Maskot Dan Jingle Pilkada 2020

  • Reporter:
  • Senin, 16 Desember 2019 | 02:47
  • Dibaca : 83 kali

PARINGIN – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Balangan, dimulai dengan diluncurkannya maskot serta jingle yang akan mengiringi perjalanan pesta demokrasi pada tahun 2020 nanti.

Peluncuran maskot dan jingle Pilkada Balangan 2020 yang dilakukan Kamis (12/12) kemarin di lapangan ruang terbuka hijau Dispora Balangan ini, dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan. Dihadiri unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, ulama dan politik setempat.

Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani dalam laporannya menyampaikan, Pilkada serentak akan diselenggarakan kembali pada tahun 2020 mendatang tepatnya Rabu, 23 September 2020. Ada 270 daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak ini, salah satunya adalah Balangan.

Untuk mengenalkan tahapan atau gong Pilkada Balangan tahun 2020 nanti kepada masyarakat, kata dia, maka pihaknya memandang perlu merencanakan berbagai kegiatan sosialisasi untuk memberikan penjelasan tentang seluk-beluk Pemilu kepada seluruh lapisan masyarakat.

KPU Balangan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk mendesain dan mengemas serta mengonsep kegiatan sosialisasi dalam bentuk yang semenarik mungkin.

“Dengan kata lain peluncuran tahapan Pilkada Balangan tahun 2020 hari ini dilaksanakan untuk menyebarluaskan informasi Pilkada kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Balangan,” terangnya.

Dalam launching ini pula, kata Saripani, pihaknya mengenalkan maskot dan jingle Pilkada Balangan tahun 2020. Maskot dan jingle ini merupakan hasil dari sayembara yang diadakan oleh KPU Kabupaten Balangan beberapa waktu yang lalu. Adapun maskot yang dipilih oleh kpu Kabupaten Balangan bernama Kalulut, sedangkan jingle berjudul Sanggam Memilih, Dari Kita Untuk Kita.

“Salah satu ukuran keberhasilan Pemilu atau pemilihan ditandai dengan meningkatnya partisipasi pemilih. Target kami KPU Balangan dalam pemilihan tahun 2020 ini adalah di atas angka 80 persen, naik sekian persen dari angka partisipasi Pilkada Balangan tahun 2015 lalu yang berada dia angka 76 persen,” ucapnya optimis.

Sementara itu, Bupati Balangan Ansharuddin yang berhadir dalam kesempatan ini mengakui bahwa, selama ini masih harus berupaya keras dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan umum.

“Terhadap hal-hal demikian, tentu saja bukan hanya tanggung jawab KPU semata. Itu adalah tanggung jawab kita, semua pihak, seluruh elemen yang berkepentingan dalam pemilihan umum, dan siapa pun yang mendukung negara ini menerapkan sistem demokrasi,” imbuhnya.

Ke depannya, lanjut Anshar, yang harus dilakukan adalah memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat, agar Pilkada dan pemilihan umum serta demokrasi pada umumnya di Balangan semakin membaik.

“Dengan edukasi politik yang baik pula, kita mendukung KPU Kabupaten Balangan melaksanakan kerja keras dan tugas-tugasnya mempersembahkan Pilkada yang semakin berkualitas bagi kita masyarakat Bumi Sanggam,” tandasnya. (*)

  • Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan © 2017 All rights reserved.